Sabtu, 17 November 2012

Artikel pengganti pembinaan



Komunikasi efektif
Feed Back Itu Sangat Penting
Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan yang mendapatkan timbal balik/ feed back. Jika dalam komunikasi atau proses penyampaian informasi tersebut tidak mendapatkan feed back dari komunikan maka komunikasi tersebut tidak akan berlangsung baik atau bisa disebut sebagai komunikasi searah saja. Lantas komunikasi yang baik itu seperti apa dan komunikasi yang efektif harus bagaimana. Sebelum membahas lebih jauh tentang komunikasi tersebut ada baiknya kita mengenal dulu syarat- syarat komunikasi sebagai bagian terpenting dari komunikasi itu sendiri.
Seperti yang pernah saya pelajari dalam mata kuliah saya yaitu komunikasi kesehatan bahwa dalam berkomunikasi itu terdapat syarat- syarat utamanya. Syarat- syarat komunikasi tersebut antara lain harus ada komunikator dan komunikan, harus ada pesan/ message atau informasi yang akan disampaikan dan yang tidak kalah pentingnya harus ada umpan balik/ timbal balik (feed back) dari orang yang menerima pesan atau informasi dalam hal ini adalah komunikan. Mengapa feed back itu penting, saya rasa semua orang yang pernah berkomunikasi dapat mengerti dan paham akan hal tersebut. Cobalah jika kita menjadi komunikator, kita menyampaikan informasi dan berbicara dengan seseorang namun seseorang yang menjadi komunikan itu tidak menanggapi sama sekali atau bahkan mengabaikan kita. Apa yang terjadi? Komunikasi tidak akan berlangsung dan berimbas buruk. Banyak hal yang kemudian dapat kita ambil contoh komunikasi tanpa ada feed back seperti sms yang tak dibalas, telepon tak diangkat, menyapa tak ditanggapi, berbicara tak dihiraukan. Hal- hal tersebut sangat akrab dan sering kita rasakan dalam kehidupan kita sehari- hari. Apa hasilnya dari komunikasi seperti itu. Banyak rasa benci, negatif thinking muncul, perpecahan, salah paham dan lain sebagainya.
Selanjutnya selain kita mengenal syarat- syarat yang harus kita penuhi dalam komunikasi, kita juga perlu mengenal macam- macam dari komunikasi itu sendiri. Dengan mengenal macam- macam komunikasi tersebut maka kita dapat menentukan sikap kita sendiri atau memposisikan diri kita dengan baik dalam berkomunikasi. Dengan kata lain kita akan tahu metodenya atau cara komunikasi yang terbaik atau efektif menurut kita sendiri. Karena komunikasi itu berbeda- beda. Misalnya kita komunikasi dengan satu orang akan berbeda dengan kita komunikasi dengan banyak orang. Dan komunikasi dengan satu orang juga akan berbeda dengan komunikasi dengan lain orang. Efektifnya adalah kita tahu komunikasi macam apa yang kita lakukan dan dengan siapa komunikasi yang kita lakukan. Dengan satu orang, dua orang atau bahkan banyak orang. Yang saya masih ingat dalam benak saya, komunikasi itu ada komunikasi interpersonal, komunikasi intrapersonal dan ada komunikasi massa. Komunikasi interpersonal itu ketika kita berkomunikasi dengan diri kita sendiri secara pribadi sedangkan komunikasi intrapersonal adalah ketika kita berkomunikasi dengan orang per orang secara personal. Yang terakhir komunikasi massa adalah ketika komunikasi itu sudah ke banyak orang, informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang. Dan kesemuanya itu mempunyai metode- metode atau cara- cara tersendiri dalam penyampaian informasi yang efektif.
Jadi, menurut saya seperti yang telah saya jelaskan dari atas sampai bawah bahwa komunikasi itu harus memenuhi syarat- syarat komunikasi dan komunikasi yang efektif tidak bisa terlepas dari itu semua serta kita harus tahu komunikasi apa yang kita lakukan. Sehingga kita tidak akan salah mengambil cara yang tepat untuk berkomunikasi. Dan yang lebih saya tekankan di sini dalam syarat- syarat komunikasi tersebut adalah kita tidak boleh menyepelekan feed back dari komunikasi yang kita lakukan. Karena feed back itu sangat penting dalam keberlangsungan komunikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar